Kenaikan Belanja Online Selama Masa Pandemik Meningkat Drastis!

Kenaikan Belanja Online Selama Masa Pandemik Meningkat Drastis!

Pada masa pandemik ini dalam memenuhi kebutuhannya, masyarakat diharuskan melengkapinya secara digital. Mulai dari keperluan urusan pekerjaan seperti meeting sampai membeli bahan-bahan pokok untuk keperluan rumah tangga, semua diharuskan online.

“Survey yang kami lakukan kepada 128 responden dengan mayoritas laki-laki 25-34 tahun dengan pengeluaran bulanan Rp 1-4,9 juta perbulannya dan mayoritas jabodetabek.” kata Associate client success Team MarkPlus,Inc. Chrestella Carissa.

Aktivitas belanja online dan offline sebenarnya memiliki resiko masing-masing. Dengan belanja secara offline konsumen dapat memastikan langsung kualitas dari produk yang ingin dibeli. Namun, disatu sisi konsumen juga takut akan adanya penyebaran covid-19. Sebaliknya, perbelanjaan online menjadi pilihan tepat dimasa sekarang karena konsumen tidak perlu bersentuhan langsung dan lebih menghemat waktu. Akan tetapi, konsumen tidak bisa memastikan langsung kualitas produk yang akan dibeli.

Dalam hal belanja online, konsumen mengandalkan kepercayaan kualitas produknya kepada review dari konsumen lain yang pernah membeli produk serupa. Produk yang pembeliannya mengalami kenaikan adalah alat-alat kesehatan seperti hand sanitizer, masker, face shield sampai vitamin C. Peningkatan terjadi hingga 100% pada toko ritel dan pembelinya pun lebih banyak melalui platform e-commerce.

Selain keperluan kesehatan ada juga kebutuhan pokok lainnya seperti makanan dan minuman. Sebenarnya tren pembelian bahan pokok ini sudah bisa diprediksi. Barang – barang seperti sayuran pun sudah bisa dibeli secara online atau makanan jadi seperti katering perorangan yang juga jadi permintaan cukup tinggi karena kepraktisannya.

Sementara, menurut survei dari badan pusat statistik (BPS) menyebut sebanyak 51% dibelanjakan untuk bahan makanan, kesehatan 20% dan pulsa paket atau data 14%, sisanya adalah makanan dan minuman jadi serta pembelian listrik.

Perbelanjaan online diprediksi akan terus mengalami kenaikan, dikarenakan semakin banyaknya orang yang ada di rumah maka kebutuhan akan bahan pokok pun menjadi meningkat. Dengan kondisi seperti sekarang menjadi momentum yang baik untuk anda yang ingin mencoba membuka peluang usaha. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan anda tapi juga anda dapat membantu kebutuhan pokok konsumen.