Menjadi Pengusaha di Masa Pandemik? Siapa Takut!

Menjadi Pengusaha di Masa Pandemik? Siapa Takut!

Menjadi pengusaha adalah salah satu jalan keluar untuk anda bertahan pada keadaan yang sangat sulit seperti ini. Tidak sedikit orang-orang yang mulai membuka usaha untuk tetap memenuhi kebutuhan pokok mereka. Berbagai kalangan sekarang sudah mulai memutuskan untuk menjadi pebisnis. Mulai dari karyawan swasta sampai ibu rumah tangga.

Barang yang dijual pun sangat beragam ada makanan, minuman, alat kesehatan seperti masker, sanitizer yang sekarang bisa digolongkan menjadi kebutuhan utama karena adanya pandemi. Tidak jarang juga yang menjual barang-barang sekunder seperti baju, celana atau tas. Dari banyaknya berita negatif tentang covid fenomena orang berbisnis adalah salah satu hal yang sangat positif. Ini menunjukkan bahwa warga Indonesia tidak mudah menyerah begitu saja ditengah kondisi seperti sekarang. Ini adalah beberapa tips untuk anda menjalankan usaha di masa pandemi!

1. Manfaatkan peluang

Hal penting yang akan anda lakukan ketika menjalankan usaha di masa pandemi adalah memanfaatkan peluang yang ada. Terdapat beberapa jenis usaha yang bisa menjadi pilihan tepat untuk anda seperti makanan. Anda bisa menjual makanan siap masak untuk dijual, dan mulailah jual ke lingkungan terdekat anda yaitu teman, karena teman anda bisa membantu untuk memasarkan produk yang sedang anda jual. Bukan tidak mungkin kalau teman anda bisa menjadi pelanggan setia anda. Kemudian dengan kebutuhan akan kesehatan meningkat anda bisa menjual perlengkapan untuk menunjang hal tersebut seperti anda bisa menjual masker kesehatan dengan beragam motif dan lebih fashionable dari pada yang sudah ada dipasaran.

2. Memberikan promo

Sudah bisa dipastikan jika dimasa pandemi akan banyak orang yang lebih memilih berbelanja online. Momentum ini bisa anda manfaatkan dengan baik dengan memberikan promo atau diskon pada produk yang anda jual. Jenis promo pun sangat beragam, anda bisa memberikan potongan harga, memberikan bonus produk seperti buy 1 get 1 atau dengan memberikan gratis ongkos kirim yang mana sangat efektif dalam menaikkan traffic penjualan. Tapi ingat! Anda jangan sampai salah perhitungan dalam memberikan diskon agar tidak merugikan bisnis anda.

3. Maksimalkan e-commerce

Untuk memaksimalkan produk yang anda jual cobalah gunakan platform e-commerce karena apa? Penggunaan e-commerce itu memudahkan anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas agar produk yang anda dapat dikenal oleh calon konsumen lain. Jika anda memang sudah memiliki konsumen tetap, tidak ada salahnya anda memperbesar target pasar melalui e- commerce. e-commerce adalah satu tempat yang sangat cocok sebagai wadah marketing produk anda. Karena anda akan bisa mendapat reputasi serta masukan langsung dari konsumen anda dan bisa mendapatkan feedback berupa pemberian rating oleh mereka.

4. Menggunakan media sosial

Penggunaan media sosial menjadi pilihan lain untuk anda memasarkan produk anda. ada banyak jenis sosial media yang bisa digunakan mulai dari Facebook, Instagram, twitter sampai grup whatsapp. Jika anda terbiasa dengan metode promosi yang konvensional, mungkin anda bisa mempertimbangkan penggunaan iklan pada platform media sosial anda. Tujuannya sudah pasti untuk membuat produk anda lebih dikenal. Anda bisa menentukan sendiri berapa biaya yang ingin dikeluarkan untuk mengiklankan produk anda. Serta bisa melihat analytic dari konten yang anda iklankan. Itulah tips menjadi pengusaha di masa pandemi. Anda tidak perlu takut untuk memulai bisnis walau keadaan terlihat tidak menguntungkan. Bagian terpenting adalah anda harus melakukan reseacrh yang sangat mendetil agar anda tidak salah langkah dalam berbisnis.